English Indonesian

Seremoni Pembukaan TIFAF 2023

Seremoni pembukaan Tenggarong International Folk and Art Festival (TIFAF) 2023. Yang dilaksanakan di Taman Kota Raja berlangsung meriah, pembukaan ini di hadiri oleh para tamu undangan Porkopinda, Tokoh masyarakat, serta 50 peserta perwakilan negara islam ( OICCA ) 2023 yang turut hadir saat pembukaan. Tak kurang sepuluh seni tari ditampilkan dari para peserta TIFAF. Mereka berasal dari berbagai provinsi, paguyuban kedaerahan, sanggar tari, hingga kecamatan yang ada di Kutai Kartanegara (Kukar).

Dalam pembukaan TIFAF, parade Kukar Festival Budaya Nusantara menghadirkan berbagai tarian tradisional dari berbagai daerah, seperti tari lenggang nyai dari DKI Jakarta, tari tiba meka dari NTT, tari bulan dari Malinau Kaltara, dan masih banyak lagi. Selain itu, dalam acara pembukaan ini, Bupati Kutai Kartanegara menyampaikan sambutan sekaligus meluncurkan Festival Kutai Kartanegara. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam Kukar Festival Budaya Nusantara tahun 2023. Ia mengungkapkan harapannya agar festival ini dapat melestarikan dan membina budaya Nusantara, khususnya budaya yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara. Beliau juga

mengapresiasi kehadiran delegasi dari 9 negara yang mengikuti program beasiswa seni budaya dari Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia. Pelaksanaan TIFAF tahun ini juga ditandai dengan launching Kukar Festival Budaya Nusantara. Dengan tagline: Nusantara Namaku, Jaya Negeriku. "Tujuannya untuk melestarikan budaya Nusantara yang ada di tanah Kutai. Dari Kutai Kartanegara, untuk Indonesia!" dalam sambutannya pada acara Opening Ceremony TIFAF 2023 di Taman Kota Raja, Minggu (9/7) malam. Banyaknya pertunjukan seni kebudayaan yang ditampilkan, baik dari paguyuban kedaerahan dan sanggar tari, menunjukkan terjaganya seni budaya lokal yang ada di Kutai Kartanegara. Semua itu, adalah aset daerah yang harus terus dijaga dan diwariskan kepada generasi muda.


  • CIOFF
  • EIFAF
  • Pemerintah
    Kabupaten Kutai Kartanegara
  • Flag Counter