English Indonesian

Opening Ceremony Kongres CIOFF Dunia Ke-47

Berlangsung di gedung Putri Karang Melenu (PKM), Tenggarong seberang, berlangsung pembukaan Kongres CIOFF (International Council of Organizations of Folklore Festivals and Folk Arts) Dunia yang ke 47, yang hadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) H Marli. Dalam sambutannya, Sekda Kukar mengungkapkan rasa senang dan bangga, bahwa selain penyelenggaraan Erau Adat Kutai dan Internasional Folk Arts Festival, CIOFF Indonesia kembali menggandeng pemkab Kukar untuk menjadi tuan rumah kongres dunia CIOFF.

"Kami sangat bangga dan bersyukur menjadi tuan rumah pelaksanaan kongres CIOFF Dunia ke-47. Ini merupakan sejarah pertama kali di Indonesia. Tentunya ini sejalan dengan semangat pemerintah kabupaten dalam pelaksanaan misi melestarikan dan mengembangkan budaya daerah".Dari kegiatan kongres CIOFF, ia berharap peserta kongres akan lebih mengenal Kutai Kartanegara yang memiliki 3 (tiga) poros budaya, yaitu budaya kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura yang sangat kental terlihat saat upacara Adat Erau disandingkan dengan festival kesenian rakyat internasional bekerjasama dengan CIOFF Indonesia.

Kedua, Kukar memiliki budaya melayu Kutai yang masih bertahan hingga saat ini. Dan ketiga, Kukar kaya dengan budaya pedalaman yang berasal dari berbagai etnis Dayak yang terus memelihara tradisi dan budayanya. “Kukar juga kaya akan keragaman satwa liar khas Klimantan, dengan memiliki tempat untuk wisata petualangan terutama di kawasan hutan tropis dan pedalaman,” ujarnya.

Sekda Kukar Marli juga, meminta kepada semua peserta kongres dapat menikmati keindahan alam wisata yang dimiliki Kutai Kartanegara. “Saya berharap pelaksanaan kongres ini dapat berjalan dengan lancar, dan nyaman selama berada di kota Tenggarong, serta dapat menikmati berbagai kuliner dan kerajinan daerah, serta obyek wisata lainnya,” harap Marli.

Sementara itu Presiden CIOFF Dunia Mr. Phillipe Beusant usai membuka Kongres Dunia CIOFF, mengapresiasi atas sambutan dan dukungan tuan rumah penyelenggaraan CIOFF Indonesia khususnya Kutai Kartanegara. “CIOFF ini merupakan organisasi Internasional yang bekerjasama dengan UNISCO di bawah naungan PBB. CIOFF melakukan kegiatan setiap tahun untuk menjembatani hubungan pemerintah Indonesia dengan negara lain di samping membawa misi perdamaian dunia,” katanya.

Setelah menyampaikan sambutannya, Mr. Phillipe Beusant juga memperkenalkan jajaran tim CIOFF Dunia termasuk perkenalan 50 negara dengan 120 peserta Kongres CIOFF berlangsung meriah. Pembukaan kongres CIOFF diakhiri dengan penampilan tarian khas dayak, mengundang rasa penasaran para peserta CIOFF secara langsung melihat keragaman budaya Indonesia begitu tampil memukau.


  • CIOFF
  • EIFAF
  • Pemerintah
    Kabupaten Kutai Kartanegara
  • Flag Counter