English Indonesian

Ramah Tamah Peserta EIFAF Dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara

Dinas Pariwisata Kutai Kartanegara mengadakan acara ramah tamah dengan peserta EIFAF (Erau Adat Kutai and Internasional Folk Art Festival). Acara Ramah Tamah antara Peserta EIFAF (Erau Adat Kutai and Internasional Folk Art Festival)dengan seluruh Pegawai Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara ini di laksanakan/bertempat di Aula Gedung B Kompleks Perkantoran Bupati.

Even ini sebenarnya adalah acara Erau Adat Kutai dan dikombinasikan dengan International Folk Art Festival. Seperti yang di ketahui, bahwa istilah Erau merujuk pada ritual di lingkungan Kesultanan Kartanegara Ing Martadipura. Setiap Tahun, tema Erau selalu berbeda tergantung Sultan yang memilih berdasarkan kondisi lokal di Kutai Kartanegara, Sultan menentukan Pelas Benua. Pelas Benua berarti membersihkan wilayah dari pengaruh jahat. Kata Adat adalah Custom. Jadi bentuk tema nama Erau Adat Kutai dimana upacara adat yang ada di semarakkan dengan International Folk Art Festival. Kutai Kartanegara sangat kaya akan budaya dan tradisi. Peserta EIFAF (Erau Adat Kutai and International Folk Art Festival) bisa mengenalinya dari segi Bahasa, Adat, Upacara Tradisi, Tari, Lagu-lagu Tradisional, Masakan, dan beberapa cerita bangunan dan tempat bersejarah. Ada suku dayak yang berbicara dalam bahasa dayak. Suku Dayak sendiri terdiri dari banyak sub - sub yang mempunyai bahasa yang berbeda antara sub suku dayak satu dengan yang lainnya. Dalam hal adat, secara umum digunakan pada acara-acara tradisional, seperti upacara pernikahan dan kelahiran bayi. Seperti di ketahui bahwa pada hari kamis kantor Pemerintahan di Kukar wajib memakai pakaian Adat daerah. Ini mengadopsi adat ini dari Kesultanan Kutai yang disebut pakaian adat miskat.

Acara Ramah Tamah di akhiri dengan saling memberikan kenang-kenangan berupa oleh-oleh khas dari masing-masing peserta EIFAF (Erau Adat Kutai and International Folk Art Festival), dan dilanjutkan dengan makan bersama, berfoto bersama, yang menambah keakraban dari seluruh peserta EIFAF (Erau Adat Kutai and International Folk Art Festival) dengan seluruh staf Dinas Pariwisata kabupaten Kutai Kartanegara.


  • CIOFF
  • EIFAF 2016
  • Pemerintah
    Kabupaten Kutai Kartanegara
  • Flag Counter