English Indonesian

Kirab Budaya

Dalam rangka menyambut Erau dan EIFAF (Erau International Folklore and Art Festival), maka selalu di adakan kegiatan acara Kirab Budaya dengan tujuan untuk memeriahkan EIFAF (Erau International Folklore and Art Festival), kirab budaya yang diikuti sebanyak 30 peserta dari berbagai paguyuban Etnis mengikuti Kirab Budaya Diantaranya kesenian dari suku asli Kutai Kartanegara dengan tari jepennya, kemudian Dayak Kenyah, Dayak Benuaq, Dayak Modang, Dayak Bahau, dan dari Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur, serta kesenian dari Bali yang masing-masing menampilkan berbagai keunikan seni dan budayanya.

Kegiatan Kirab budaya ini dimulai pada pukul 13.30 wita yang dihadiri Bupati Kutai Kartanegara, Rita Widyasari, S.Sos. MM., Dirjen Pemasaran Mentri pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kapolres Kukar, serta sekda Kukar dan Unsur Forum Koordinasi Pemerintah Daerah. sedangkan rute yang dilalui yaitu mulai dari depan Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura menuju jalan Mulawarman, jalan Patimura, jalan P.Diponogoro, dan berakhir dipasar seni Tangga Arung. Masing-masing peserta paguyuban kirab budaya diberikan kesempatan untuk menampilkan atraksi keseniannya dengan waktu sekitar 3-5 menit didepan panggung kehormatan, yang berada didepan Planetarium Jagat Raya Tenggarong. Seluruh masyarakat Kutai Kartanegara yang menonton memadati pinggir jalan di sepanjang jalur lintasan yang di lewati oleh peserta parade Kirab Budaya.

Dengan diadakannya kirab budaya ini maka acara Adat Erau dan International Folklore And Art Festival akan segera dimulai dan dalam kehidupan yang beragam jenis suku/etnis yang ada di Kutai Kartanegara dapat terjaga keharmonisannya.


  • CIOFF
  • EIFAF 2016
  • Pemerintah
    Kabupaten Kutai Kartanegara
  • Flag Counter