English Indonesian

Festival Kuliner

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten Kutai Kartanegara yang bekerjasama dengan, Disperindakop, Dinas pemberdayaan Perempuan dan BPD Kalimantan Timur, menyelenggarakan Festival Kuliner yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan pesta adat Erau Pelas Benua International Folklore Art and Festival (EIFAF) yang berlangsung satu minggu di pasar seni Tenggarong. Festival Kuliner diadakan untuk memperkenalkan dan melestarikan aneka kuliner khas Kutai agar lebih dikenal masyarakat luas.

Acara Festival Kuliner yang diadakan setiap tahun ini mengundang Chef atau juru masak ternama untuk menilai hasil dari masakan peserta yang mengikuti Festival Kuliner. Makanan khas kutai belum dikenal luas apalagi di luar Kalimantan timur terlebih lagi di luar negeri, masih jarang mendapati makanan khas Kutai tersebut dan dengan Festival Kuliner ini dapat di ketahui bahwa Kutai Kartanegara juga memiliki makanan khasnya sendiri yang juga tidak kalah enak. Dengan demikian diharapkan masyarakat lebih kreatif, bila makanan khas Kutai dikemas dengan baik maka akan menjadi sesuatu yang berbeda dan menarik untuk wisatawan, dengan tidak melupakan juga mengenai gizi yang terkandung di dalam makanan tersebut. Masyarakat harus berani membuka atau menampilkan makanan – makanan khas Kutai agar kuliner kutai bisa lebih mendunia,

Banyak sekali makanan khas Kutai yang di tampilkan selama Acara Festival Kuliner diantaranya ada gence ruan, ganagan keladi, gangan bening, gangan asam, golongan ayam, dan ada juga kue – kue khas seperti jajak apam, jajak amparan tetak.

Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari, S.Sos. MM., yang hadir dan juga berkesempatan memasak bersama dengan Erdi Tanjung cheaf dari jakarta dengan Menu Nasi bakar isi gence ruan dan gangan prede. beliau mengatakan bahwa ia menyambut baik acara festival kuliner ini karena susah sekali mencari makanan khas kutai apa lagi diluar kalimantan timur terlebih lagi di luar negeri yang ada hanya masakan daerah lain. Sebenarnya Kutai pun bisa asalkan mau membuka diri dan mengekplor masakan - masakan tersebut keluar. Seperti Saat kita berkunjung ke daerah lain pasti yang dicari adalah makanan khas daerah tersebut, begitu pun para tamu yang datang ke Kutai, mereka pun mencari makanan apa yang ada di Kutai.

Erau Pelas Benua dan Erau International Folklore Art and Festival (EIFAF) merupakan momen yang pas untuk memperkenalkan kuliner Kutai karena dihadiri oleh Negara-negara anggota CIOFF (International Council Of Organizations of Folklore Festivals and Folk Arts).


  • CIOFF
  • EIFAF 2016
  • Pemerintah
    Kabupaten Kutai Kartanegara
  • Flag Counter