English Indonesian

Kirab Budaya Internasional Dalam Rangka EIFAF 2016

Dalam rangka Erau Adat Kutai & International Folk Art Festival Tahun 2016 salah satu rangkaian acaranya adalah kirab budaya yang dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 20 Agustus 2016, acara dimulai dari jam 08.30 sampai dengan selesai. Hadir pada acara kirab budaya kali ini berbeda dari tahun sebelumnya yaitu Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari.P.Hd, Wakil Bupati Kukar Drs. Edi Damansyah.,MM, Putra Sultan A.P.A.P.Praboe Anum Surya Adiningrat, Muspida Kabupaten Kutai Kartanegara, Plt. Sekretaris Dearah Kab. Kutai Kartanegara Ir. H. Marli.M.,Si, Ketua DPRD Kab. Kukar H. Salehuddin.S.Sos.,Sfill, seluruh Kepala SKPD, Camat, dan Lurah di lingkungan Kab. Kutai Kartanegara. Kirab budaya ini juga disaksikan oleh seluruh masyarakat Kutai Kartanegara yang ingin menyaksikan kirab budaya Internasional ini secara langsung.

Kirab Budaya Internasional ini di ikuti oleh 30 paguyuban/sanggar seni lokal yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara dan peserta Foklore. Acara kirab budaya mulai startnya di depan Gerbang Raja yang dibuka oleh Plt. Sekda Ir. H. Marli.M.,Si dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Kukar Ibu Dra. Sri Wahyuni.,MPP dan finis di panggung kehormatan di depan Kedaton, tampilan di depan Kedaton di bagi perjenis, dan diawali oleh prajurut Keraton dan kesultanan memberikan tempong tawar kepada seluruh para undangan.

Kemudian tampilan Marcing Band, kelompok jepen yang pertama dari sanggar tari Gubang, Jongkang Berseri dan Bunga Mekar. selanjutnya dari kelompok Dayak Benuaq dengan sanggra tari Pokan Takaq, Pondok Karya, Ngelawai, Rutiq Bulau dan Tiaq Pelulaq, kemudian tampilan dari peserta Foklore yaitu Negara Bulgaria dan Estonia, tampilan berikutnya jepen yang kedua dibawakan oleh sanggar tari Adilla Indonesia, sanggar tari Lentera yang berjudul “Tanam Padi”,dan dari sanggar tari Seraong, selanjutnya tampilan dari Negara Polandia.

Kemudian tampilan dari Dayak Kenyah dengan sanggar tari Uyai Tiga, sanggar tari Bening, sanggar tari Temengang Madang, Dayak Modang Tari Jongel dan tampilan berikutnya dari Negara Taiwan, Negara Lithunia, selanjutnya di tampilkan dari tari jepen dari kelompok seni Lanjong, Kumala dan Karya Budi,kemudian tampilan dari kerukunan keluarga Sulawesi Selatan, selanjutnya dari Kelompok Seni Toraja dan Negara Runania, tampilan berikutnya tari Padang dari minangkabau, dari Jawa Barat /Sunda, dari Negara Canada/Ukraina, dari Flores/NTT kemudian tapilan dari Negara Idaho-USA, dilanjutkan dari Bali dan kemudian dari Sumatra Utara, selanjutnya dari Ikapakarti, Banyuwangi, Gendang Blek/NTB, Reog Ponorogo dan ditutup oleh perwakilan dari Kecataman Tenggarong.

Berita Lainnya


  • CIOFF
  • EIFAF 2016
  • Pemerintah
    Kabupaten Kutai Kartanegara
  • Flag Counter