English Indonesian

Press Conference EIFAF 2016 Di Kementrian Pariwisata Oleh Bupati Kutai Kartanegara

Pada hari Jum'at (12/8) Bupati Kutai Kartanegara, Rita Widyasari melakukan Press conference EIFAF di Kementrian Pariwisata, Jakarta dengan didampingi oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kutai Kartanegara Sri Wahyuni. Acara tersebut dihadiri oleh Asisten Deputi Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Nusantara Putu Ngurah dan beberapa wartawan Jakarta.

Erau Adat Kutai and 4th International Folk Arts Festival 2016 dilaksanakan pada tanggal 20 sampai dengan 28 Agustus, dengan mengambil tema "Melalui Erau Adat Kutai dan International Folk Arts Festival, Kita Junjung Budaya Daerah Dalam Pergaulan Budaya Antara Bangsa Guna Meningkatkan Pariwisata Daerah dan Nasional".

Dalam kesempatan ini Rita Widyasari menjelaskan bahwa Erau Adat Kutai merupakan upacara adat di lingkungan Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Prosesi upacara Erau bermula dari kerajaan Kutai di Kutai Lama pada abad XIII, yakni pada perayaan Tijak Tanah Raja Kutai dan pengangkatan raja pertama Kerajaan Kutai yakni Aji Batara Agung Dewa Sakti. Selanjutnya, Erau dilaksanakan pada penobatan raja dan putra mahkota, pemberian gelar kepada mereka yang telah berjasa bagi kemajuan kerajaan. Serta peristiwa penting lainnya di lingkungan kerajaan.

Dalam perkembangannya, upacara Erau dikemas bersama seni budaya nusantara dan mancanegara, dikenal dengan sebutan EIFAF. Menurut dia, EIFAF merupakan perpaduan tradisi Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura yang tetap terjaga sampai saat ini, dengan budaya nusantara dan mancanegara yang dikemas dalam International Folk Art Festival.

Erau Adat Kutai dan 4 tahun International Folk Art Festival akan dimeriahkan oleh 10 delegasi kesenian dari 9 negara, 10 grup dengan jumlah 218 orang. Termasuk anggota CIOFF (International Council of Organizations of Folklore Festivals and Folk Arts). Sembilan negara tersebut yaitu Amerika Serikat (Idaho), Lithuania, Estonia, Bulgaria, Kanada, Polandia, Rumania, Rusia, dan Taiwan.

Selain duta seni mancanegara, dari nusantara ada kebudayaan Kutai Kartanegara, Sleman, Gunung Kidul, Kabupaten Bandung, Kabupaten Kutai Timur, dan Kabupaten Penajam Paser Utara yang siap disuguhkan.

Rita mengatakan "EIFAF merupakan salah satu jendela dunia untuk mengenal Indonesia dan Kukar. Para seniman kesenian rakyat dari berbagai belahan dunia mengenal Indonesia melalui upacara adat Erau di Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, mengenal sejarah Kutai sebagai pusat kerajaan Hindu tertua abad IV di Tanah Air. Serta mengenal seni budaya khas daerah Kukar sebagai bagian dari aset budaya nasional".

Berita Lainnya


  • CIOFF
  • EIFAF 2016
  • Pemerintah
    Kabupaten Kutai Kartanegara
  • Flag Counter