English Indonesian

Tari Waweq Madang dan Tari Teton Mountain Stomp

Selama sepekan Masyarakat Kutai Kartanegara dan sekitarnya dapat menyaksikan pertunjukan kesenian dari para peserta TIFAF, yan berpusat di dua lokasi yang telah disiapkan oleh Dinas Pariwisata Kab Kutai kartanegara yaitu di area Lapangan Basket Kelurahan Melayu dan Panggung arena Kukar Expo Rondong Demang. Akan tampil pertunjukan seni, baik kesenian lokal maupun kesenian mancanegara yang pasti akan memukau para penonton yang hadir.

Pada malam ini tampil kesenian dari Lentera Indonesia, Delegasi Belanda, Kesenian Bengen Tawai Indonesia, delegasi Srilanka, dan Rusia. Tampil pertama dari tuan rumah Indonesia membawakan tarian dayak dengan judul tema Waweq madang, tarian ini menceritakan tentang kehidupan perempuan suku pedalaman dayak benuaq. Dengan menggunakan ragam khas tari gantar symbol dari semangat para gadis gadis suku pedalaman, senyum khas mereka merupakan bentuk keramahan dari penduduk asli suku ini.

Tampilan selanjutnya dari delegasi Belanda, salah satu tariannya, tarian Cidy swing dengan arti dari tarian merupakan kombinasi antara chariston dan foxtrot dengan diiringi lagu Goodbye sweetheart, tarian selanjutnya polka jenny lind yang merupakan sebuah tarian yang diciptakan oleh Jenny lindseorang penyayi opera berkebangsaan Swedia. Dia adalah penyayi soprano di opera Swedia dan dikenal seantero eropa. Dia juga merupakan anggota akademi musik royal Swedish yang rekaman pertamnya dilakukan tahun 1939.

Tarian berikutnya yang dibawakan oleh delegasi dari Belanda yaitu Teton Montain Stomp, berasal dari Negara bagian Wyoming, Amerika serikat yang dikelilingi dengan pegunungan. Tarian ini di perkenalkan di daerah kami oleh tentara Amerika setelah perang dunia ke dua.


  • CIOFF
  • EIFAF
  • Pemerintah
    Kabupaten Kutai Kartanegara
  • Flag Counter