English Indonesian

Seremoni Pembukaan Erau Adat Kutai and 6th International Folk Arts Festival (EIFAF) 2018

Seremony pembukaan Erau Adat Kutai dan 6th International Folk Arts Festival (EIFAF) 2018 telah berlangsung di stadion Rondong Demang Tenggarong, dan secara resmi dibuka Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran (BP21) Kementerian Pariwisata RI Prof. I Gede Pitana Brahmananda. Acara berlangsung meriah dengan diawali penampilan dari ke 6 delegasi CIOFF dan tuan rumah Indonesia. Kemudian 6 negara delegasi kesenian rakyat mancanegara yakni, Hongaria, India, Meksiko, Polandia, Rumania dan Turki, termasuk 78 grup kesenian rakyat daerah di Kukar serta dari daerah nusantara.

Pembukaan Erau ini dihadiri langsung Deputi Pemasaran I Kemenpar I Gede Pitana, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, Plt Bupati Kukar Edi Damansyah, Putra Mahkota Adji Pangeran Adipati Praboe Anoem Soerya Adiningrat, Cagub Kaltim terpilih Isran Noor dan pasangannya Hadi Mulyadi, dan Wakil Ketua Komisi X DPR RI asal Kaltim-Kaltara, Hetifah Sjaifudian, serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Deputi BP21 Kemenpar RI I Gede menyambut baik atas digelarnya Erau Adat Kutai tahun ke enam yang berskala Internasional. "Saya bangga dan mengapresiasi kepada semua masyarakat, Pemkab Kukar dan Kaltim beserta segenap kepentingan lainnya yang telah sukses melestarikan adat budaya sebagai warisan nusantara yang kini mendunia," beliau juga mengakui, prestasi pariwisata Kutai Kartanegara sudah diakui di kancah Nasional, tentunya ini semua pelecut bagi jajaran pemkab Kukar untuk terus melakukan perlindungan akan budaya. "Saya juga mengucapkan selamat atas perhelatan akbar ini. Budaya Erau ini sendiri telah meraih penghargaan sebagai budaya terpopuler di tanah air Tahun 2016. Lestarikan dan lindungi budaya adat Erau ini demi Kemajuan pariwisata dan perekonomian di daerah. Plt Bupati Kukar Edi Damansyah mengatakan, pada tahun 2017, tercatat lebih dari 1,7 juta wisatawan yang berkunjung di Kabupaten Kutai Kartanegara. "Ini merupakan angka terbesar kedua bagi kunjungan wisatawan di Kalimantan Timur, meskipun Kutai Kartanegara belum memiliki bandara sendiri, sebuah fasilitas infrastruktur yang menjadi daya saing utama dan pertama dalam menarik kunjungan wisatawan," Adapun Kota Tenggarong menjadi pusat wisata budaya dan wisata buatan di Kaltim yang memiliki daya tarik wisata dengan kunjungan wisatawan nusantara tertinggi.

"Bila EIFAF mendapat Anugerah Pesona Indonesia 2016 sebagai Festival Budaya Terpopuler di tanah air, maka Pulau Kumala, wisata buatan di tengah Sungai Mahakam, mendapat Anugerah Pesona Indonesia 2017 sebagai Juara II Tempat Tujuan Wisata Baru Terpopuler di tanah air,".

Demikian pula, ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kami sampaikan kepada Kementerian Pariwisata RI yang telah mendukung penyelenggaraan festival ini, sebagai bagian dari Wonderful Event di tanah air. Saya berharap, kedepan, para pihak lainnya juga dapat mengambil peran untuk bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam penyelenggaraan festival ini," . "Semoga Kutai Kartanagera, makin maju dan berkembang pariwisatanya, serta makin harmonis dan sejahtera kehidupan masyarakatnya. Saya juga berharap agar masyarakat Kukar dapat menjadi tuan rumah yang baik, ikut menjaga dan memelihara ketertiban dan keamanan khususnya selama festival ini belangsung,".


  • CIOFF
  • EIFAF
  • Pemerintah
    Kabupaten Kutai Kartanegara
  • Flag Counter