English Indonesian

Lomba Taruna Dara Cilik Di EIFAF 2017

Acara Pemilihan Teruna Dara Cilik dalam rangka Erau Adat Kutai & International Folk Art Festival ke-5 2017 berlangsung meriah. Melalui staf yang mewakili membacakan teks sambutan Bupati Kutai Kartanegara menandakan awal mula acara dimulai. Dalam teks sambutan yang dibacakan, Bupati Kutai Kartanegara mengapresiasi atas nama pemerintah daerah menyambut baik dan sangat mendukung diselenggarakannya kegiatan ini melalui momentum Erau Adat Kutai dan International Folk Art Festival untuk melestarikan dan memperkenalkan pakaian khas adat Kutai.

Dalam sambutannya juga menjelaskan bahwa dengan diselenggarakannya Fashion Adat Kanak Kutai ini akan memperkenalkan pakaian khas Kutai Kartanegara yang saat ini telah berkembang dengan baik, berbagai macam desain serta produksi dari bahan-bahan yang utamanya berasal dari tanaman khas daerah Kutai. Hal ini juga diterangkan Bupati Kutai Kartanegara sebagai cara memperkenalkan aneka pakaian khas Kutai secara luas dimata masyarakat Internasional. Kemudian dalam sambutannya juga menjelaskan tentang adanya pemilihan Teruna Dara Cilik 2017 ini diharapkan dapat menambah rasa percaya diri anak dalam meningkatkan bakat maupun potensi yang dimiliki dengan tujuan memberikan anak edukasi serta pemahaman supaya nantinya bisa terus melestarikan budaya lokal di Kutai Kartanegara.

Acara ini memiliki kategori-kategori yang dilombakan, mulai dari Fashion Adat Kanak Kutai Kategori A (usia 4 7 tahun), Fashion Adat Kanak Kutai Kategori B (usia 8 10 tahun), dan sampai pada pemilihan Teruna Dara Cilik 2017. Pemenang Fashion Adat Kanak Kutai terbagi menjadi 5 pemenang, mulai dari Best Dress, Juara Harapan I, Juara III, Juara II, & Juara I. Untuk pemenang Fashion Adat Kanak Kutai Kategori A yaitu Kania Renata Susanto (Best Dress), Salsabila Dwi Ramadhani (Juara Harapan I), Divanna Putrilia Hidayat (Juara III), Haikal Gading (Juara II), dan Aqila Yumi Yulian Putri (Juara I). Sedangkan untuk Fashion Adat Kanak Kutai Kategori B yaitu Yustika Nur Ramadhana (Best Dress), Tirza Amanda Risya (Juara Harapan I), Aisya Nurul Azkiya (Juara III), Destilaydi Nurmaya Mardwi (Juara II), dan Keizia Shareefa Hidayah (Juara I).

Adapun pemenang Teruna Dara Cilik 2017 juga memiliki kategori yang dimenangkan, pemenangnya yaitu Muhammad Rizky Raihansyah (Teruna Best Catwalk) & Nabila Dinda Azzahra (Dara Best Catwalk), Raditya Kemal Thooriq (Teruna Berbakat Kukar) & Syahrika Fadia Hamizah (Dara Berbakat Kukar), M. N. A Amrullah (Teruna Favorit) & Monica Massayu Widi Wicaksana (Dara Favorit), Mahdi Jannata (Teruna Wakil II) & Mawar Nur Kamila (Dara Wakil II), Christian Joe (Teruna Wakil I) & Diah Pitaloka (Dara Wakil I), dan Muhammad Rizky Raihansyah (Teruna Cilik Kukar) & Monica Massayu Widi Wicaksana (Dara Cilik Kukar).

Harapan diselenggarakannya acara ini yaitu memunculkan minat kepada anak-anak usia dini agar selalu mencintai budaya lokal dan melestarikannya sehingga nantinya budaya lokal akan tetap ada pada generasi-generasi berikutnya.


  • CIOFF
  • EIFAF 2017
  • Pemerintah
    Kabupaten Kutai Kartanegara
  • Flag Counter