English Indonesian

Street Performance Pertama EIFAF 2017

Dalam rangka Erau Adat Kutai & 5Th International Folk Arts Festival Tahun 2017 yang dilaksanakan mulai tanggal 22 sampai dengan 30 Juli 2017, dimana salah satu rangkaian acaranya yaitu Street Performance yang dilangsungkan setiap harinya pada jam 16.10 WITA mulai tanggal 24 sampai dengan 29 Juli 2017 di Pulau Kumala Tenggarong .

Hadir pada acara Street Performance pada tanggal 24 Juli 2017, yaitu Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara, Presiden CIOFF Said Achmat, serta para pengunjung yang antusias ingin menyaksikan Street Performance.

Tampil pertama kali pada acara Street Performance adalah kelompok seni Sanggar Tari SMU 1, tampilan kedua dari peserta Folklore yaitu Negara Polandia yang menampilkan tarian yang berjudul tarian daerah Krakow dan tarian daerah Beskid. Tarian daerah Krakow adalah tarian yang paling dikenal di Negara Polandia. Puncak popularitas tarian daerah Krakow diperkirakan abad XIX dan XX. Tarian ini sanagt ceria dan lincah dengan banyak hentakan kaki, sorak sorai dan banyak perubahan arah. Sedangkan tarian daerah Beskit berasal dari pegunungan Polandia dibagian Selatan Polandia.

Gaya tarian ini sangat terhubung dengan kehidupan sehari-hari mereka. Tarian ini menceritakan orang yang berkumpul di muka perapian pada malam hari dan menari bersama untuk bersenang-senang dan bergembira setelah seharian bekerja. Yang laki-laki memamerkan kemampuan merak kepada para wanitanya dengan saling melompat kesatu dengan lainnya, tampilan terakhir yaitu dari Sanggar Seni Pokan Takaq yang menampilkan tarian yang berjudul Tari Belian Sentiu. Tarian ini menggambarkan pengobatan tradisional dari suku dayak Benuaq, dari zaman dahulu sampai sekarang pengobatan tradisional ini masi digukanan untuk mengobati penyakit-penyakit orang yang di kampung.


  • CIOFF
  • EIFAF 2017
  • Pemerintah
    Kabupaten Kutai Kartanegara
  • Flag Counter