English Indonesian

Partisipan EIFAF Ikut Menanam Pohon di Green Tenggarong

Dalam upaya menghijaukan kawasan waduk Sukarame Tenggarong dan mengurangi efek dari Pemanasan Global yang saat ini melanda dunia, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kukar bekerja sama dengan Pihak Bankaltim mengadakan acara Green Tenggarong yang kegiatannya dipusatkan di obyek wisata Waduk Panji Sukarame, Kamis (25/8) yang merupakan rangkaian dari Erau Adat Kutai International Folk Art Festival (EIFAF) 2016.

Kegiatan Green Tenggarong berupa penanaman berbagai macam pohon buah khas Kutai dengan melibatkan para delegasi dari berbagai negara peserta EIFAF 2016. Hadir pada acara yang telah menginjak tahun keempat ini, Plt Sekda Kukar H Marli, para pejabat di lingkungan Pemkab Kukar, perwakilan unsur Forkopimda, dan para Presiden CIOFF negara peserta dan EIFAF partisipan 2016.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Dra. Sri Wahyuni. MPP mengatakan, kegiatan Green Tenggarong merupakan bagian tak terpisahkan dari EIFAF yang telah dilakukan secara berturut-turut. Green Tenggarong bertujuan meningkatkan kepedulian tentang arti pentingnya penanaman dan pemeliharaan pohon yang berkelanjutan, dalam rangka mengurangi dampak pemanasan global, menurut Kadis Disbudpar ada 125 bibit pohon bantuan dari Dinas Perkebunan dan Kehutanan yang ditanam dikatakannya Tahun lalu kita melaksanakan Green Tenggarong di Pulau Kumala dan tahun ini kembali kita melaksanakan di Waduk Panji Sukarame untuk menghijaukan Waduk Panji Sukarame, mengingat daya tarik wisata ini akan dikembangkan dan Insya Allah tahun depan kami akan bangun taman bunga di kawasan ini,”

Bupati Kukar Rita Widyasari dalam sambutannya yang disampaikan Plt Sekda mengatakan sesuai dengan tema peringatan hari lingkungan hidup se-dunia tahun 2016, yaitu “Go Wild For Life”, tema ini merujuk pada agenda aksi perdagangan satwa liar, di mana saat ini di Indonesia lebih dari 270 spesies hewan telah terancam punah dengan status kritis dan membahayakan, ia berharap kegiatan penanaman pohon ini menjadi momentum yang akan menjadi kebanggaan semua terutama peserta EIFAF mancanegara. Pohon yang hari ini ditanam, agar diniatkan akan dipelihara dengan sebaik-baiknya, sehingga akan kelihatan manfaatnya setelah lima tahun kemudian dan mudah-mudahan generasi pengganti penerus kelak akan mengenang upaya pelestarian lingkungan ini. Ia juga mengajak warga masyarakat Kukar untuk ikut berpartisipasi menanam sekaligus memeliharanya.

Bupati menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para peserta EIFAF dalam menyukseskan kegiatan penanaman pohon Green Tenggarong ini, khususnya kepada Bankaltim yang setiap tahun telah menjadi partnership Pemkab Kukar. Green Tenggarong ditandai penyerahan bibit pohon kepada Presiden CIOFF negara peserta oleh Plt. Sekda, Kadis Disbudpar,Perwakilan Bankaltim, dan perwakilan unsur Forkopimda.

Berita Lainnya


  • CIOFF
  • EIFAF 2016
  • Pemerintah
    Kabupaten Kutai Kartanegara
  • Flag Counter