English Indonesian

Meriuh Pulau Kumala dalam Acara Street Performance

Street Performance dalam rangka EIFAF 2016 yang di laksanakan di area Plaza Utama Pulau Kumala ramai di padati pengunjung. Sebanyak Sembilan delegasi Negara asing tampil secara bergantian dari tanggal 22-27 Agustus pada pukul 16.00-18 Wita. Tanggal 23 agutus 2016, sebanyak dua group dari mancanegara yaitu Lithuania dan Ukraina serta satu Group lokal yaitu SD Muhammadiyah berkesempatan tampil membawakan tarian masing-masing.

Penampilan yang kedua yaitu dari Lithuania yang membawakan 4 sesi tari yaitu Pasiut Ploke (langkah tari yang gila) yaitu tarian yang lucu dan cepat dari langkah tari anak laki-laki dan perempuan. Sesi yang kedua adalah Tranaveras yaitu tarian yang ditarikan di musim semi. Yang ketiga yaitu Nasnilis Jonkelis -satu terlalu banyak (tarian jenaka dari empat pasangan dan satu pasangan tanpa pasangan dan sesi terakhir adalah Geguziniu Polka (langkah tarian jerami) tarian tradisional untuk menyelesaikan penampilan.

Penampilan pertama yaitu dari SD Muhammadiyah tampil dengan membawakan tari Jepen Bekana’an yang bercerita tentang kekanaan Kutai Tepian Mahakam sedang bermain lewang dengan kelincahan yang energik diiringi music tingkilan yang dinamis, tarian ini juga berdasarkan dari gerak gerak pakem jepen tradisi yang dikembangkan dalam bentuk garapan menyesuaikan dunia kekanakan.

Grup Arkan Dance Company dari Ukraina tampil paling akhir dengan tampilan yang meriah dengan pakaian cerah. Penari wanita tampil dengan memakai bluse yang memiliki bordir di bawah lengan dan rok yang disebut plahta yang disulam dengan pola geometris, topi baja bunga dan pita yang disebut Vinoka sedangkan penari pria tampil dengan memakai kostum yang disebut Kozak , sepatu boot, kemeja bordir, dan sabuk atau dalam bahasa Ukraina disebut Poyas. Arkan Dance Company bercerita tentang seorang gadis muda yang mencoba untuk mendapatkan Kozaky malas bekerja. Gadis ini akhirnya berhasil menarik perhatian merreka dengan panci besar yang mengepulkan sup.


  • CIOFF
  • EIFAF 2017
  • Pemerintah
    Kabupaten Kutai Kartanegara
  • Flag Counter