English Indonesian

Resepsi Peserta EIFAF dengan Bupati Kukar

Seluruh delegasi asing Erau Adat Kutai International Folk Arts Festival (EIFAF) berkumpul di Pendopo Odah Etam guna memenuhi undangan resepsi dengan Bupati Kutai Kartanegara Rita Widyasari, Selasa (23/8) pukul 11 Wita. Setelah delegasi silaturrahmi dengan Sultan Kutai Suasana terasa makin akrab dengan hiburan dari Orkes Sekar Kedaton Tenggarong yang membawakan lagu-lagu internasional yang familiar ditelinga para tamu. Sontak seluruh tim kesenian dari sembilan negara ikut menari.

Beberapa menit kemudian, Bupati Kukar Rita Widya Sari tiba di Pendopo Odah Etam dan langsung mengajak partisipan EIFAF 2016 tersebut untuk makan bersama. Berbagai hidangan khas Indonesia disajikan dalam jamuan makan siang tersebut. Selain itu, disediakan juga aneka jajanan, seperti kue basah dan es cendol. Semua hidangan tampak dicoba delegasi asing, khususnya sate yang menjadi perhatian khusus mereka. Sementara, es cendol, saat ditanya mereka umumnya senang dengan rasa manis dari gula merah dan gurihnya santan kelapa yang dipadukan dengan lembutnya butiran cendol hijau.

Sebelum makan bersama, Rita dan delegasi masing-masing bertukar buah tangan. Rita memberikan miniatur Bening atau alat penggendong bayi khas dayak Kenyah. Setelah makan bersama, Rita juga membawakan lagu irama Rockn Roll dan lagu dangdut Cucak Rowo. Tak kalah dengan lagu dari negeri eropa, lagu bahasa Jawa berirama dangdut tersebut juga mampu membuat semua yang hadir berjoget. Suasana pun menjadi santai dan penuh canda, dan membaur jadi satu menghilangkan kelompok-kelompok negara.

Dalam sambutannya, Rita mengapresiasi kedatangan tim kesenian negara CIOFF tersebut. Dikatakannya, Erau merupakan pesta adat seni dan budaya selain untuk melestarikan peninggalan leluhur, juga sebagai upaya mempromosikan Kukar sebagai tujuan wisata. "Dengan hadirnya anda-anda sekalian (negara CIOFF), bisa memperkenalkan Kukar ke internasional. Saya mengakui kunjungan wisata meningkat dengan kemasan Erau berskala internasional ini, ujarnya.

Hadir juga pada resepsi itu Said Rachmat Presiden CIOFF Indonesia, pimpinan CIOFF perwakilan sembilan negara, dan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kukar Sri Wahyuni. Sebelum pelaksanaan resepsi dengan Bupati, para delegasi peserta EIFAF terlebih dahulu melaksanakan resepsi bersama Sultan Kutai Ing Martadipura H Aji Muhammad Salehudin II beserta kerabat di Kedaton Kutai Kartanegara


  • CIOFF
  • EIFAF 2017
  • Pemerintah
    Kabupaten Kutai Kartanegara
  • Flag Counter