English Indonesian

Folklore Ensemble Zhar dari Bulgaria

Bulgaria dan Lithuania merupakan peserta yang turut memeriahkan pagelaran Pesta Erau Adat Kutai and International Fokl Arts Festival (EIFAF) di Kutai kartanegara yang berlangsung mulai tanggal 21 Agustus s/d 28 Agustus 2016.

Kedua Group Kesenian yang berbeda Negara ini tampil di Pentas seni Taman ulin Lapangan Pemuda Tenggarong Kutai Kartanegara, pada sesi pertama Bulgaria menampilkan tarian DZHINOVSKY dan sesi kedua menampikan tarian TRAKISKI SMENSE TANTS.

Kedua Tarian ini berasal dari daerah THRACE, sebuah daerah dengan populasi masyarakat terbesar di Bulgaria. Di THRACE, kami menemukan pencipa lagu-lagu rakyat dengan kualitas yang terbaik. Lagu-lagu untuk tariannya pun tak terhitung THRACE PRAVO HORO adalah salah satunya. Orang-orang menari dengan lagu tersebut hingga berjam-jam , untuk mempraktikkannya merekapun berputar-putar di tempat yang sangat luas. Pada Akhirnya, seorang wanita yang tidak pernah lelah bernyayi setelah lagu selesai.

Lithuania Sedangkan Lithuania pada sesi pertama menampilkan tarian Padukelis (Topi Gila) tarian salam dan selamat datang yang di tarikan oleh anak laki-laki dan perempuan dengan topi. Sesi kedua menampilkan "PO SODELY" lagu rakyat tradisional Lithuania tentang seorang anak laki-laki yang menawarkan cincin emas kepada anak perempuan dan memintanya untuk menikah, "PERLUTI RYTATO" alat musik pipa di mainkan dengan alat musik Instrumental Lithuania SKUDUCIAL, PETRUI" lagu humor tradisional Lithuania tentang Instrument pipa, ditutup dengan tari Paskutine Polka (langkah tari Terakhir). Masing-masing negara mendapat sambutan hangat dari penonton yang hadir pada acara pentas Seni Taman Ulin, selain Bulgaria dan Lihuania ada juga group kesenian Indonesia dari Kabupaten Gunung Kidul dan Kutai Kartanegara sebagai Tuan Rumah menampikan group kesenian Temengang Lian.

Pada pentas seni taman ulin dihadiri oleh:

  • President Cioff Of Bulgaria Mr.Emil Pavlov
  • The general Secretary of Cioff Bulgaria Mrs.Stiliyana
  • Kepala Disbudpar Gunung Kidul Bapak Saryanto,ST.
  • Kabid Destinasi Disbudpar Kukar Siswan Hermantoko

Berita Lainnya


  • CIOFF
  • EIFAF 2016
  • Pemerintah
    Kabupaten Kutai Kartanegara
  • Flag Counter