English Indonesian

Kesenian Gunung Kidul

Dipimpin oleh Bapak Saryanto, ST Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Gunung Kidul sebagai Penanggung Jawab Goup yang ikut berpartisipasi dalam Pelaksanaan Pesta Erau Adat kutai and International Folk Art Festifal (EIFAF) 2016. Pertunjukan yang bertempat di taman ulin Tenggarong pada hari senin malam tanggal 22 Agustus 2016. Group Kesenian asal Kabupaten Gunung kidul menampilkan cerita SANGGRITA ( adalah belalang perempuan) sebuah karya yang terinspirasi oleh seekor belalang.

Menceritakan belalang adalah salah satu ciri khas kebupaten gunung kidul. Serangga yang dikemas menjadi sebuah makanan, menjadi salah satu alternatif buah tanggan. Tidak hanya itu belalang juga dijadikan salah satu ciri khas motif batik Gunung Kidul. Canting yang digores dengan lemah gemulai, tangan yang lembut dalam setipa sentuhan, tarikan nafas yang teratur memunculkan motif rupa, seekor SANGGRITA terbalut dalam sebuah lembaran sinjang. Lemah gemulai nan elok rupa,wajah ayu terpancar dalam setiap ekspresi geraknya, terpancar dalam indah nya sebuah SANGGRITA.

Pada penampilan kedua Group kesenian dari Kabupaten Gunung Kidul menampikkan “KUMENDAM” karya yang di ilhami dari komandan prajurit Kraton Jogjakarta, yang menceritakan para prajurit yang berlatih dan belajar olah kanuragan menyatukan fisi dan tekad membangun Negeri. Teriknya Mata Hari,dinginnya hujan tak menyurutkkan semangat untuk tetap berlatih meski terkadang perserlisihan pun terjadi.

Dengan menggunakan kostum Kampuh Putih Alit (kecil), penari bereksplorasi dengan gerak-gerak dasar tari Tradisi Gaya Jogjakarta sehingga terwujud gerak yang indah, Ritmis, Dinamis, dipadukan dengan iringan musik yang masih sangat kental kedaerahannya. KUMENDAM ya komandan GOLONG GILIK NYAWIJI,GREGET, SENGGUH, ORA MINGKUH HAMBANGUN Ibu Pertiwi. Kebupaten Gunung Kidul juga memilki Seni Tari Reog dan Jantilan yang sering hadir pada Event-event pariwisata untuk menarik minat wisatawan berkujung ke Kab.Gunung Kidul.


  • CIOFF
  • EIFAF 2017
  • Pemerintah
    Kabupaten Kutai Kartanegara
  • Flag Counter