English Indonesian

Tari Kolosal Sugriwa Subali Kabupaten Bantul

Kabupaten Bantul adalah salah satu Kebupaten yang diundang untuk ikut menyemarakan agenda Budaya Pesta Erau Adat Kutai and International Fokl art Festival ( EIFAF) 2016 di Tenggarong Kutai Kartanegara.

Kisah Subali Sugriwa yang merupakan bagian dari epos Ramayana Karya Walmiki,berkembang sebagai legenda di Gua Kiskendo. Jatimulyo, Kulonprogo. Kisah tentang dua kakak beradik winara yang diutus para dewa untuk menyelamatkan Dewi Tara dari cengkraman Mahesasura dan Lembusura, namun berujung pada perselisihan kedua bersaudara, kedua kakak beradik ini berperang dalam mempertahankan harga dirinya dan berebut seorang istri yang bernama Dewi Tara, perselisihan terus terjadi namun berkat keadilan dari dewa akhirnya subali pun mati di tangan Rama Wijaya.

Pentas tari Sugriwa Subali telah diaksanakan hari senin malam tanggal 22 Agustus 2016 di Lapangan Olah Raga Aji Imbut Tenggarong Seberang. Kelompok Kesenian lainnya yang tampil yaitu Kutai Kartanegara Sekar Kedaton, Temengang Madang, dan America Footworks Folk Dance Ensemble, The National Cultural Ensemble Kirmas dan Folk Group Szamotuly yang mampu menghipnotis para penonton yang datang untuk menyaksikannya.


  • CIOFF
  • EIFAF 2017
  • Pemerintah
    Kabupaten Kutai Kartanegara
  • Flag Counter