English Indonesian

Resepsi Peserta EIFAF, CIOFF dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kutai Kartanegara sebagai penyelenggara Erau Adat Kutai dan 4th International Folk Art Festival (EIFAF) 2016, dengan tujuan menjalin keakraban dan silaturahmi, maka Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mengundang tamu dari 9 Negara anggota CIOFF (Internasional Council of Organizations of Folklore Festivals and Folk Arts) yakni, Indonesia, Poland, USA, Estonia, Lithuania, Taiwan, Russia, Bulgaria, Canada, Rumania. sebagai tamu dan pengisi acara selama kegiatan Erau Adat Kutai dan 4th International Folk Art Festival (EIFAF) 2016.

Ke sembilan Negara Anggota CIOFF tersebut menghadiri undangan untuk bersilaturahmi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata yang bertempat di Gedung Serbaguna Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Tenggarong. adapun kegiatan dalam acara resepsi tersebut diantaranya bertukar cendramata dan sambutan dari Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Dra. Sri Wahyuni. MPP. cendramata yang di berikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Dra. Sri Wahyuni. MPP ialah berupa cinderamata boneka berpakaian baju khas kutai bernama kustim, kain batik dan tas terbuat dari ulap doyo kepada perwakilan sembilan negara yang hadir begitu juga sebaliknya Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Dra. Sri Wahyuni, MPP., menerima cinderamata dari sembilan negara berupa sesuatu yang khas dari kesembilan negara tersebut.

Dalam sambutannya menjelaskan mengenai Erau, Erau tidak saja dimaksudkan sebuah ungkapan rasa syukur yang dilaksanakan setiap tahunnya tetapi berdimensi luas sebagai pelestarian pengembangan adat istiadat pariwisata. Erau mengandung makna pembersihan atau tolak bala. Erau adat tradisi di tanah Kutai dan akan menjadi adat yang dipatuhi, dipegang, dan dilaksanakan oleh Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. beliau juga menerangkan tempat objek - objek wisata yang ada seperti ikan mamalia Pesut, waduk panji sukarame, planetarium jagad raya tenggarong, dan lain - lain.

Setelah sambutan dari Dra. Sri Wahyuni, MPP., acara dirangkai makan bersama dan diisi dengan diiringi lagu - lagu khas Kutai. setelah menikmati makanan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Dra. Sri Wahyuni, MPP. mengajak tamu undangan dari kesembilan negara untuk menyanyi bersama, dan acara pun semakin meriah ketika Dra. Sri Wahyuni, MPP. mengajak para tamu untuk menari poco-poco bersama.


  • CIOFF
  • EIFAF 2016
  • Pemerintah
    Kabupaten Kutai Kartanegara
  • Flag Counter