English Indonesian

Kemeriahan Tari Jaipong Turap Sungai Mahakam

Pentas Seni Dalam rangka pegelaran Erau Adat Kutai Internasional Folk Art Festival (EIFAF) 2016 di mulai dari minggu malam pada jam 19.30 wita yang bertempat di pentas seni lapangan basket Turapan Mahakam, hadir pada acara ini yaitu Kepala Dinas Kebudayan dan Pariwisata Kab. Kutai Kartanegara Ibu Sri Wahyuni, MPP, Presiden CIOFF Syaid Rachmad.

Penampilan Group Kesenian dari Indonesia yang di wakili oleh Yayasan Gubang Kutai Kartanegara membawakan Tari Jepen Rempak Rebana. Berhukum dengan syariatnya bersyara dengan agamanya Bersendi dengan nilai keIslamannya Mengvisualisasikan keberadaan serta kehidupan masyarakat kutai melayu bernuansa religi yang energik rempak dinamis dan tetap bersinergi pada akar kearifan budaya lokal. Yayasan Gubang merupakan kelompok Seni Cukup Ternama di Kutai Kartanegara, berbagai Event dalam dan Luar Daerah telah di ikuti oleh Kelompok Seni Yayasan Gubang. Koreografer Ancha Hariyansah dengan Para Penari, Dini Safutri, Rina Ayu Marcella, Merlina Suharjita, Randa Zunardy Pamengko, Encek Shandy pratama, Zulkifly.

Penampilan Negara Estonia

Sesi tarian pertama menampilkan “TANTSIME AISSA” Tarian ini menceritakan tentang tarian selamat datang untuk menyambut tamu, pada acara-acara tertentu. Sesi kedua Tarian SANGASTE JUSSI ARMULUGU yang menceritakan tentang cinta anak muda yang penuh keceriaan. Sesi ketiga KOLGARANNA TANTS merupakan tarian tentang perjuangan para nelayan Estonia Sesi keempat KORSAARIDE TANTS tarian yang menceritakan kebosanan para pelaut Estonia yang bosan berlayar dengan jangka waktu yang lama. Di sesi kelima menampilkan tarian KUHAAMUSKA yaitu tentang tarian tradisional penduduk Estonia.

Sanggar Komstrad Kab. Bandung

Partisipan Sanggar Komstrad yang berasal dari Kab. Bandung merupan kelompok kesenian ketiga yang tampil setelan Estonian dengan menampilkan Tari Jaipong “ Kembang Tanjung “ Pada sesi Pertama Penampilannya. Tarian Kembang Tanjung menggambarkan keindahan kota Bandung dan lingkungannya serta budaya-nya yang di gambarkkan melalui tarian yang di tarikan oleh mojang-mojang bandung dengan keramahannya, kecantikkannya dan keanggunannya ditarikan secara lemah gemulai dan dinamis.

  • Penari : Hardyanti Pratiwi
  • Pemain Biola : Yoyon Darsono
  • Pemain Kecapi : Ujang Suganda
  • Juru Kawih : Lilis

Pada Sesi Kedua Penampilan Sanggar Tari Komstrad membawakan Tari Jaipong “ Mojang Bandung “ Tarian “Mojang Pariangan” menggambarkan keindahan, kecantikan dan keceriaan Mojang atau gadis bandung dengan ciri khasnya memakai kebaya sebagai salah satu khas orang sunda. Mojang Paringan di gambarkan melalui tarian dengan gerakkan yang lincah, dinamis dan energik. Penari : Restu Puji Rahayu Santosa, Maulida Rahmani, Yulianda Astidar Putri.

Partisipan dari America Footworks Folk Dance Ensemble

Group Kesenian America Footworks Folk Dance Ensemble yang berasal dari Negara IDAHO-USA Menampilkan tiga tarian dengan tema yang berbeda. Group Kesenian ini tampil diurutan ke 4 di panggung yang sama yaitu Pentas seni lapangan basket turapan Mahakam. Sesi pertama Group kesenian ini menampilkan “ Ranning Set “ Sepanjang Abad ke-19, orang-orang yang terisolasi yang tinggal di pegunungan Kentacky mengadaptasi tarian populer “ persegi “ menjadi tarian yang cepat. Tarian ini mencerminkan espresi muda yang bersangkutan dalam persetujuan dan kesenangan. Sesi kedua “ Clogdown “ Adalah tarian yang menunjukkan perkembangan penyumbatan kelompok pada akhir abad ke-19 footwork perkusi improvisasi ditambahkan ke tarian tokoh kelompok populer. Akhirnya, penari akan mengkoordinasikan pola gerak kaki. Dan sesi ketiga “ Pioneer “ Di pertengahan abad ke-19, pengungsi yang mencari kebebasan politik, Ekonomi, dan Agama meninggalkan Amerika Serikat bagian timur dan memelopori ke daerah yang belum di petakan di bagian barat Amerika Serikat. Mereka tiba di negara bagian Utah dan mendirikan sebuah komonitas di sana. Tarian ini menceritakkan tentang perjalanan mereka.

Lithuania

Di urutan kelima penghujung Acara Gruop Kesenian dari Negara Lithuania ini menampilakan tarian Piemenulsdaigos ( Sang Pengembala) pada sesi pertama Menceritakan tetang kehidupan sebuah negara di mana para pengembala remaja laki-laki dan perempuan besenang-senang bersama. Pasiutploke (Langkah Tari yang menggila) sesi kedua

Tarian yang lucu dan cepat dari langkah tari oleh anak laki-laki dan perempuan. Gailingis (Tarian Bunyi )sesi ketiga Menari dengan Lonceng Sapi dan sesi keempat Gaidys ( Ayam Jantan ) Tarian Jenaka tentang Ayam Jantan yang berpengalaman yang mengajari anak ayam dan seekor anak ayam yang sedang menjadi nakal, tarian ini ditarikan disetiap musim semi.


  • CIOFF
  • EIFAF 2017
  • Pemerintah
    Kabupaten Kutai Kartanegara
  • Flag Counter